12 Cara Ampuh Budidaya Ikan Payau Omset Puluhan Juta Perbulan

Budidayaikanhias.comCara Budidaya Ikan Air Payau memiliki pengertian yang artinya membudidayakan ikan di perairan perpaduan air tawar dan air laut secara alami di daerah muara sungai, di perairan ini banyak berbagai jenis ikan yang hidup untuk beradaptasi pada lingkungan. Sebagian ada ikan air laut yang beradaptasi diperairan air tawar dan sebaliknya, ada juga air tawar yang beradaptasi dengan perairan laut atau asin.

Teknik Budidaya Ikan Air Payau menjadi salah satu budidaya ikan darat, adalah cara budidaya ikan air tawar dan budidaya ikan air payau. Dan akhir-akhir ini budidaya ikan air payau akan semakin berkembang dan banyak diminati oleh kalangan nelayan. Mengapa bisa terjadi demikian? Karena Potensi budidaya ikan air payau sangat besar, juga akan memperoleh keuntungan yang cukup besar.
budidaya ikan air payau

Jenis Ikan Budidaya Ikan Payau

Contoh Budidaya Ikan Air Payau yang cocok sangat banyak sekali, berikut ini akan kami paparkan pengertian layaknya makalah dan beberapa contoh budidayanya, diantaranya jenis perikanan ikan payau dapat dilakukan di suatu tempat yaitu sebagai berikut:


  • Budidaya ikan bandeng di air payau
  • Budidaya ikan nila di air payau
  • Budidaya ikan patin di air payau
  • Budidaya ikan lele di air payau
  • Budidaya ikan bawal di air payau
  • Budidaya ikan konsumsi di air payau
  • Budidaya ikan mas di air payau
  • Budidaya ikan mujair di air payau
  • Budidaya ikan kerapu di air payau
  • Budidaya ikan gurame di air payau
  • Budidaya ikan kakap di air payau
  • Budidaya ikan hias di air payau
  • Budidaya ikan kerapu di air payau
  • Budidaya ikan patin di air payau


Dari jenis budidaya ikan air payau yang sudah saya paparkan diatas, kesemua itu memiliki tujuan usaha budidaya ikan air payau yaitu memperoleh keuntungan omset perbulannya, selain memanfaatkan kekayaan alam berupa perpaduan air laut dan air tawar. Untuk itu, anda perlu menganalisa air payau di daerah anda mengenai ikan jenis apa yang akan anda budidaya.

Sebenarnya masih ada banyak jenis ikan yang bisa dibudidaya di perairan payau, akan tetapi kesemua itu memiliki tingkat keasinan yang idela bagi setiap jenis ikan yang berbeda. Sebagian ikan tidak mampu hidup ditingkat keasinan yang tinggi, dan sebagian lagi membutuhkan tingkat keasinan yang sangat tinggi.

Simak juga Cara Budidaya Ikan Cupang Omset Puluhan Juta Per Bulan

Ikan payau memiliki ciri-ciri khusus, yang akan kami rangkum dalam PPT dan Gambar Ikan Payau berikut ini:
budidaya ikan air payau

budidaya ikan air payau

Budidaya Ikan Air Payau

Budidaya ikan air payau sebenarnya sangat mudah jika anda mengetahui ilmu untuk budidaya, dan disini kami akan mencoba menulis tentang Cara Budidaya Ikan Air Payau PDF yang akan dirangkum dengan bahasa yang lebih mudah dan simple berikut ini:

1. Pemilihan Lokasi Tambak (Kolam) Ikan Air Payau


Langkah pertama yang harus anda siapkan adalah memilih kolam atau lokasi tambak yang pas untuk budidaya ikan nila ataupun bandeng, dan pastinya dekat dengan pantai atau dekat dengan muara.  Tujuannya agar anda lebih mudah mengisi air kolam dan memudahkan anda saat penambahan atau pergantian air payau jika diperlukan. Akan tetapi jika anda berada pada tempat yang jauh dari tepian pantai, anda bisa mensiasatinya dengan garam yang cukup. Lantas berapa standar kualitas air untuk budidaya ikan air payau?

Untuk mengetahui standard keasinan air payau, anda harus mengetahui karakter ikan yang akan dibudidayakan.dari jenis  Ikan nila, mujair, patin,kerapu, bandeng, blanak dan kepiting  memiliki kebutuhan kadar asin yang berbeda- beda. Ikan nila, mujair, patin membutuhkan air tingkat keasinan yang lebih sedikit. Dengan cara mencampur air payau dan tawar dengan perbandingan 1AT:1AP atau lebih sedikit 2AT:1AP.

Berbeda lagi dengan jenis kepiting, ikan bandeng, ikan belanak, dan ikan kerapu, meraka malahan membutuhkan air dengan tingkat keasaman yang lebih tinggi. Bahkan anda harus menggunakan air payau seutuhnya untuk memberikan kehidupan yang lebih optimal. Gunakanlah alat Salinty Refraktor untuk mengukur kadar garam yang bisa anda lakukan setiap 3-7 hari sekali.

2. Pembuatan Kolam Tambak Ikan Air Payau


Langkah kedua budidaya ikan payau adalah membuat kolam tambak, jenis kolam yang akan anda bangun bisa disesuaikan dengan modal dan selera yang dimiliki seorang, bagi yang memiliki lokasi di tepi muara bisa membuat kolam keramba praktis.

Dengan cara lain, anda bisa membuat kolam tanah, kolam terpal, kolam semen ataupun kolam plastik. Untuk pembuatan kolam semen dan plastik, anda akan menguras kantong lebih dalam artinya menghabiskan biaya yang cukup besar. Akan tetapi, dengan biaya yang besar maka dengan harapan yang beesar pula.
budidaya ikan air payau


Jangan lupa memberikan jarak pada pembuatan kolam untuk budidaya ikan payau, jarak untuk meletakkan berbagai peralatan tambak yang diperlukan seperti kincir air, anco, gagang anco dan lain sebagainya. Untuk kolam tanah, jangan lupa untuk membuat pagar jarring kelambu mengelilingi kolam, dan pada dinding kolam juga dibuat lubang by  pass yang dilapisi kelambu berfungsi untuk membuang kelebihan air pada saat musim hujan dan memudahkan untuk proses pengerikan kolam.

3. Persiapan Air Kolam Ikan Air Payau


Setelah kolam ikan air payau sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mengisi air payau hingga kedalaman 15cm, dan diamkan terlebih dahulu kemudian disuburkan. Maksud disuburkan adalah membuat populasi mikroorganisme dimana ada yang bersifat pathogen (hama) dan ada juga yang bersifat effective (penyubur) seperti plankton untuk makanan alami bagi ikan.
budidaya ikan air payau


Lantas bagaimana cara menjadikan air payau dipenuhi dengan mikroorganisme effective? Anda perlu melakukan teknik sebagai berikut :

Air payau didalam kolam sirami dengan larutan EM4+gula yang sudah didiamkan selama 24 jam dengan ukuran, tiap 1 liter larutan untuk kolam berukuran 3 x 10 x 1,5 meter.

Taburkan juga pupuk organik cair dengan dosis 1 L untuk kolam 9 x 10 x 1,5 meter

Selain pupuk organik cair tersebut, taburkan juga pupuk NPK secara keseluruhan kolam

Diamkan air payau tersebut sekurang-kurangnya 7 hari hingga warna air tersebut berubah meenjadi hijau jernih, dan menandakan air tersebut air yang subur dengan plankton dan ganggang hijau serta mikroorganisme lainnya untuk dijadikan makanan ikan. Setelah itu, kolam sudah siap diberi bibit ikan.

Sebenarnya ekosistem air payau bisa ditumbuhi beberapa tumbuhan yang hidup di air payau diantarnaya adalah mangrove atau tumbuhan bakau, hutan bakau tersebut terkadang banyak di singgahi beberapa hewan kecil yang nantinya bisa dijadikan sebagai pakan ikan payau.

4. Tabur Bibit Ikan Air Payau 


Untuk mendapatkan bibit unggul yang berkualitas, lebih baik anda membeli bibit yang sudah terjamin kualitasnya agar budidaya ikan di air payau dapat berjalan dengan optimal. Bibit yang anda beli, sebaiknya disesuaikan dengan luas area kolam yang dibuat, kepadatan tebar benih ikan berbeda-beda tergantung dengan jenis ikan, ukuran ikan. Biasanya untuk ikan nila, penebarannya sekitar 400 benih per m2.
budidaya ikan air payau


Saat benih yang anda beli tiba dilokasi, sebaiknya jangan langsung di tuangkan pada kolam air payau, tapi wadah kantong ikan direndam dan dibiarkan terapung dalam kolam hingga muncul embun didalam kantong plastik.  Tujuannya adalah menyamakan suhu air dalam kantong benih dengan suhu air kolam terlebih dahulu, setelah itu kantong dibuka perlahan dan benih ikan dibiarkan keluar dengan sendirinya.

5. Pemberian Pakan Ikan Air Payau


Untuk anda yang membudidayakan ikan air payau di kolam keramba bisa memanfaatkan pakan alaimi langsung dari muara sungai atau rawa berupa  plankton biasanya tersedia banyak, selain itu sirkulasi air juga lancar sehingga akan mendapatkan stok air berkualitas sepanjang waktu, terkecuali jika ada pencemaran sungai yang menyebar ke area keramba. Meski banyak pakan alami yang tersedia, tapi juga tetap memberikan pakan tambahan agar proses pertumbuhhan ikan berkembang pesat.

Mengenai dosis pemberian pakan itu berbeda-beda, berdasarkan usia dan berat ikan yang dibudidaya. Pada bulan pertama Budidaya Ikan Air Payau memiliki dosis 5% dari berat ikan perharinya, dan bulan kedua berkurang menjadi 4% per hari, dan pada bulan keempat berkurang lagi menjadi 3% berat badan ikan perhari.

Efisiensi pakan budidaya ikan air payau memang lebih tinggi dibandingkan dengan pemberian pakan air tawar, hal itu terjadi karena perkembangan plankton di air payau lebih cepat sehingga suplai pakan alami lebih banyak dibandingkan kolam air tawar. Dan anda perlu melakukan penimbangan berat ikan tiap minggunya dengan memeriksa ikan di Anco.
budidaya ikan air payau


6. Pengkinciran Air Secara Teratur


Langkah berikutnya adalah pengkinciran Air secara teratur, berfungsi untuk memberikan sirkulasi air berjalan dengan baik sehingga mengalirkan oksigen secara merata kedalam air, lakukanlah pengkinciran air sejak bibit ikan berusia 2 minggu setelah menebar ikan. Pengkinciran dilakukan 2 kali sehari selama 1-2 jam,sedangkan untuk budidaya ikan badeng dan udang perlu memberikan porsi yang tambah.

7. Menjaga Kondisi Air Ikan Air Payau


Langkah penting selanjutnya dalam Proses Budidaya Ikan di Air Payau adalah menjaga stabilitas kondisi air, dalam jangka waktu 3hingga 4 minggu sekali perlu melakukan penggantian air, yang diakibatkan kondisi air sudah keruh, berubah pH, dan berkurangnya kadar garam akibat air hujan yang turun.  Dan anda juga perlu menambah air payau sekitar 3 hari sekali guna menjaga batas ketinggian air tetap stabil, hal tersebut dikarenakan penguapan dan peresapan air kedalam kolam tanah.

Untuk pergantian air, anda bisa melakukan pengurasan sambil pengisian dilakukan secara bersamaan atau anda bisa mengisi air secara langsung dengan memberikan lubang by pass sehingga air keruh yang berlebihan akan terbuang lewat by pass.

8. Menanggulangi Hama dan Penyakit Ikan Air Payau


Terkadang kita menggebu-gebu untuk memperoleh keuntungan yang sangat besar tanpa memperhatikan efek negative yang mungkin akan terjadi, salah satunya dengan datangnya hama dan penyakit ikan lainnya. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa budidaya ikan di air payau juga tidak lepas dari serangan hama.

Untuk mencegah dan mengatasi serangan hama dan penyakit, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pergantian air secara teratur guna menjaga stabilitas dan kondisi air tetap terjaga, dan dengan harapan tingkat stress ikan bisa ditekan. Gunakanlah EM4 untuk meminimalisir pertumbuhan mikroorganisme pathogen.

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh ikan, anda juga perlu memberikan prebiotik dan vitamin ikan yang biasa dijual di toko perikanan, pemberian obat tersebut dilakukan secara teratur agar daya tahan tubuh ikan mampu menanggulangi serangan hama dan penyakit.

9. Panen Ikan Air Payau


Langkah kali ini sangat ditunggu-tunggu dan diharapkan setiap pembudidaya ikan, karena pada sesi ini akan memperoleh keuntungan dengan omset yang besar. Masa panen ikan air payau lebih singkat dibanding dengan pemeliharaan ikan air tawar, apabila panen ikan air tawar membutuhkan waktu 6 bulan untuk mencapai 0,5 kg , maka ikan air payau hanya membutuhkan waktu sekitar 4 bulan saja untuk bisa dipanen.

Proses panen ikan bisa anda lakukan dengan cara menguras kolam hingga habis airnya, dan juga bisa dilakukan menggunakan jarring kantong keruk yang berfungsi untuk mempercepat proses panen ikan air payau. Apabila anda ingin menjual ikan dengan keadaan hidup, maka harus mempersiapkan tong air untuk menampungnya, tapi jika ingin menjual dalam keadaan mati maka anda harus mempersiapkan es agar ikan tetap awet dalam perjalanan.

10. Perawatan Pasca Panen Ikan Air Payau


Setelah anda mendapatkan keuntungan yang besar, jangan sampai terlena. Artinya tidak memperhatikan kolam ikan air payau setelah panen. Setelah panen ikan tersebut, kolamnya tidak boleh langsung di isi ikan karena dikhawatirkan masih banyak bibit penyakit pathogen yang hidup di kolam air payau.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda perlu mencuci bersih kolam dan mengeringkannya terlebih dahulu selama 7 hingga 10 hari agar bakteri pathogen mati. Disela-sela itu, anda juga bisa membersihkan peralatan-peralatan seperti kincir dan anco.

Kemudian, setelah kolam ikan kering dan siap di isi air maka semprot desinfektan terlebih dahulu agar bakteri pathogen benar-beenar mati. Setelah itu silahkan isi kembali air untuk proses budidaya ikan payau selanjutnya.

11. Manage Keuntungan Ikan Air Payau


Langkah terakhir adalah proses manajemen bisnis, artinya tetap memperhatikan sirkulasi ekonomi terlebih saat proses panen, jangan sampai dihabiskan dan digunakan untuk foya-foya semata. Tetap memperhatikan berapa modal yang harus disiapkan, untuk tetap menjaga proses budidaya ikan payau tetap berlangsung dan memberikan pemasukan setiap bulannya.

12. Selamat Mencoba


Salah satu tempat yang sudah sering digunakan untuk budidaya ikan payau adalah balai budidaya ikan air payau jepara yang sudah terbukti mampu meraup keuntungan yang besar dari budidaya ikan payau.  Budidaya Ikan Air Payau dikembangkan pada daerah Jepara, apabila anda ingin belajar silahkan bisa datang di jepara untuk mendapatkan ilmu budidaya ikan air payau.

Artikel yang sudah saya tulis, bisa anda jadikan sebagai rujukan dan ilmu pengetahuan untuk jurnal budidaya ikan air payau ataupun dijadikan PDF, jadi silahkan didownload.

Apabila kita membicarakan keuntungan yang didapatkan budidaya ikan air payau memang sangat besar, tapi kita tetap harus memikirkan hal apa saja yang akan terjadi, termasuk hal yang tidak kita inginkan. Karena jalanan tidak akan selalu lurus dan mulus, adakalanya berbelok-belok dan terjal. Untuk itu siapkan mental anda jika hendak melakukan budidaya ikan air payau.

Semoga ilmu yang kami share ini bisa bermanfaat bagi anda khususnya bagi anda yang hendak melakukan budidaya ikan air payau, dan semoga mendapatkan keuntungan yang besar sehingga bisa mencukupi kebutuhan anda sehari-hari. Perlu anda ketahui bahwa ikan payau ini bisa anda jadikan sebagai rujukan jurnal atau makalah budidaya ikan payau.

Itulah 11 Cara Budidaya Ikan Payau yang berhasil kami rangkum dengan bahasa yang gamblang, detail serta memahamkan, untuk itu jangan ragu-ragu lagi untuk memulai budidaya ikan payau. Mengenai ikan apa yang cocok untuk budidaya ikan payau, bisa anda diskusikan dengan partner kerja anda agar anda tambah yakin dalam proses budidaya ikan payau.
0 Komentar untuk "12 Cara Ampuh Budidaya Ikan Payau Omset Puluhan Juta Perbulan"

Back To Top