Cara Budidaya Kutu Air dengan Kol Mudah tanpa Bibit

Budidayaikanhias.com –  Budidaya Kutu Air - Kutu air merupakan pakan alami yang baik untuk perhatian burayak ikan, memiliki ciri khas bergerak melayang-layang dan ukuran kecil sehingga pas dimulut burayak ikan sehingga lahap untuk dimangsa. Selain itu, manfaat kutu air sebagai pakan alami ikan cupang untuk mematangkan telur indukan ikan cupang.

Terlebih untuk burayak ikan guppy, ikan molly dan ikan hias air tawar lainnya menjadikan kutu air sebagai salah satu pakan yang disukai, dengan banyaknya pembudidaya ikan hias maka semakin banyak orang yang membudidaya kutu air. Memang sih kutu air tidaklah satu-satunya pakan burayak ikan, masih banyak lagi seperti infusoria, cacing tubifex dan lain sebagainya.


budidaya kutu air
Kutu air dibutuhkan larva atau burayak ikan hias, atau anakan ikan hias air tawar saat persediaan kantung kuning atau makanan bawaan pembekalan dari indukannya mulai habis.  Selain memiliki rasa yang enak bagi burayak ikan, juga memiliki kandungan protein yang tinggi yaitu 66 % dan kandungan lemaknya 6 %, sehingga bagus untuk menunjang pertumbuhan burayak ikan.


Kutu air yang populer dikalangan pembudidaya ikan terdapat 2 jenis,yaitu kutu air Moina dan Kutu air Daphnia. Dari kedua jenis kutu air tersebut tergolong dalam keluarga arthopoda, kelas crustacea dan ordo caldocera serta termasuk jenis udang renik.

Simak juga Cara Budidaya Infusoria Pakan Burayak Ikan

Kedua kutu air memiliki bentuk dan ciri yang berbeda, nah berikut ini akan kami paparkan ciri-ciri kutu air yaitu berwarna putih transparan bagi kutu air Dhaphina SP dan habitatnya pun berada di perairan tawar seperti kolam, danau, dan tempat tergenang lainnya dengan suhu 21 derajat celcius dan ph air mencapai 6,5 – 9.

Sedangkan ciri kutu air Moina SP memiliki warna kemerah-merahan dan banyak dijumpai pada perairan rawa yang mengandung banyak bahan organik. Yaitu berada di rawa yang berumput dan banyak kayu mati didalam air.

Dari kedua jenis kutu air tersebut, memiliki tubuh yang berbeda namun tetap memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sama. Baiklah, kali ini kami Situs Budidaya Ikan Hias akan mereview Cara Budidaya Kutu Air  tanpa bibit dan menggunakan media kol.

Budidaya kutu Air Daphnia Sp bisa dilakukan menggunakan berbagai media dan cara, adapun contoh media yang bisa digunakan adalah kotoran ayam, ampas kelapa, ampas kedelai, susu, susu bubuk, sayuran dan lain sebagainya. dari semua media yang telah saya sebutkan, budidaya kutu air yang efektif menggunakan kol.

Saat pembudidaya ikan bisa membudidayakan kutu air dengan kol maka anda tidak perlu susah-susah membeli bibit kutu air ataupun mencarinya untuk membudidayakannya. Karena budidaya kutu air dengan kol caranya sangat simpel dan mudah, hanya dengan memasukkan kol kedalam wadah dan kutu air akan datang sendiri.

Simak Juga Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Terlengkap

Lantas bagaimana Cara Budidaya kutu air yang detail, dan mudah difahami? nah, berikut ini akan kami paparkan Cara budidaya kutu air menggunakan kol dengan mudah sebagai berikut.

CARA BUDIDAYA KUTU AIR


Langkah pertama yang harus disiapkan adalah menyiapkan kol untuk media budidaya kutu air,  Bahan tersebut sangat mudah didapatkan, harga yang ditawarkan juga sangat murah dan bahkan kita bisa mendapatkan dengan gratis, sayur kol tersebut bisa didapatkan dari sampah pasar, sampah pasar kan sudah hampir busuk jadi akan mempercepat kutu air datang dengan cepat.

Setelah mendapatkan bahan dasar pembuatan kutu air berupa sayuran kol, langkah kedua harus mempersiapkan wadah untuk budidaya kutu air.  wadah yang digunakan bebas terbuat dari apapun dengan catatan memiliki ruang yang cukup lebar dan panjang dan tidak perlu tinggi-tinggi.

Kadar budidaya kutu air tergantung dengan berapa banyak budidaya ikan cupang, semakin banyak anda membudidaya ikan cupang maka semakin banyak pula kadar budidaya kutu air.  dan perlu budidaya kutu air dengan skala besar, untuk skala besar bisa menggunakan tempat berupa kolam semen ataupun kolam terpal.

Dari berbagai pengalaman, sepertinya wadah yang paling efektif untuk budidaya kutu air adalah almari es bekas, karena berdasarakan pengalaman dengan mencoba berbagai wadah dan ternyata yang efektif adalah menggunakan kulkas bekas. Selain bisa dipindah-pindah juga cocok untuk anda cyang memiliki lahan yang tidak terlalu luas.

Setelah wadah untuk budidaya kutu air sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan air yang tua atau air yang sudah diendapkan. Di isi secukupnya , tidak perlu tinggi-tinggi, dan silahkan untuk melebar ke  seluruh dasar kulkas.

Apabila sudah siap dengan adanya wadah yang terisi air, maka langkah selanjutnya adalah proses memasukkan kol kedalam wadah. Namun sebelum kol dimasukkan, maka bersihkan terlebih dahulu baru kemudian masukkan kedalam wadah. Setelah itu tutup dengan rapat agar tidak dijadikan sebagai sarang nyamuk dan hingga akhirnya bertelur disitu.

Simak Juga Cara Memelihara Ikan Nila Supaya Cepat Besar Di Kolam

Setelah kol dimasukkan kedalam wadah yang berisikan air, silahkan tunggu dalam waktu kurang lebih selama seminggu. Dalam proses pembusukan kol, air akan berubah menjadi hitam dan lama kelamaan air akan jernih kembail karena pembusukan kol sudah mengendap dan anda akan melihat beribu-ribu , bahkan hingga berjuta-juta kutu air didalam wadah.

Langkah terakhir adalah proses pemanenan kutu air, jutaan kutu air yang terdapat didalam wadah ambil dengan menggunakan saringan halus khusus untuk kutu air, setelah itu lakukan pengkulturan secara kontinu agar burayak ikan cupang selalu kenyang dan proses pertumbuhannya lebih cepat.

Cara Budidaya Kutu Air dengan Kol


Cara budidaya kutu air dengan Kol tanpa bibit sanga mudah bukan? sekarang anda tidak perlu merasa kesulitan untuk membeli ataupun ribet membudidayakan dengan cara yang ribet, kini terdapat cara yang simpel untuk budidaya kutu air . Nah, silahkan bisa mencobanya dengan mudah dan kalau anda jual bagi keuntungannya ya! hehe, justkidd

Untuk kutu air yang mudah dibudidaya dan banyak tersedia bibitnya adalah daphnia dan monia, kedua indukan jenis tersebut mudah didapatkan dan memiliki kemampuan untuk berkembang biak secara cepat melalui seksual maupun aseksual.

Anda tidak perlu melakukan berbagai cara yang rumit, karena disini kami paparkan cara budidaya kutu air dengan menggunakan kol dan tanpa bibit dengan mudah. hanya dengan membutuhkan beberapa peralatan berupa bak dan membeli kol yang sudah busuk bisa mendapatkan jutaan kutu air dengan mudah.

Itulah Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kol Tanpa Bibit Terlengkap, yang berhasil kami paparkan didalam tulisan yang cukup singkat ini, baiklah terimakasih atas partisipasinya dan silahkan untuk mempraktekkan budidaya kutu air yang sudah anda pahami.

Apabila anda belum memahami caranya, silahkan baca lagi hingga anda mendapatkan kefahaman tingkat tinggi dan anda juga bisa menjadi juragan kutu air. Ternyata kutu air itu laku dan harganya cukup menguntungkan lo. Bayangkan saja, hanya dengan modal gratisan, bisa menghasilkan uang yang banyak. Terimakasih atas kunjungannya, dan jangan lupa dibagikan ya!
Tag : Budidaya, Pakan
5 Komentar untuk "Cara Budidaya Kutu Air dengan Kol Mudah tanpa Bibit"

Jika di tutup dengan rapat apakah kutu air dapat masuk

terimakasih atas informasinya.. :) semoga bermanfaat

kalau dibuka ntar ada bintik nyamuknya gan

Kalo kol masih segar bisa ga ya .. apa perlu di busukan dlu kol nya?

Back To Top