Cara Budidaya Infusoria Pakan Burayak Ikan

Budidayaikanhias.com- Budidaya Infusoria pecinta ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut pastinya tidak asing lagi dengan makanan favorit burayak ikan yang satu ini, diberi nama Infusoria pasalnya dengan memberikan pakan infusoria pertumbuhan ikan akan meningkat sehingga akan membawa keuntungan bagi pembudidaya ikan Hias.

Infusoria merupakan makhluk hidup berukuran kecil yang kaya gizi yang berfungsi sebagai pakan burayak atau larva ikan. Dengan pemberian pakan burayak ikan dengan infusoria menjadikan pertumbuhan ikan cepat besar, selain itu juga menyebabkan kualitas warna ikan hias semakin cerah.
Budidaya Infusoria
Budidaya Infusoria

Terkadang pembudidaya ikan Hias menginginkan pertumbuhan ikan dengan cepat, tapi karena harga infusoria agak mahal sehingga pembudidaya merasa keberatan untuk membelinya, apalagi pembudidaya baru yang belumm mengerti fungsi dari infusoria tentu keberatan untuk membeli pakan Infusoria.

Sebenarnya Pakan Infusoria tidak perlu untuk membelinya, Pembudidaya ikan hias bisa saja membudidaya Infusoria sendiri pasalnya budidaya Infusoria sangat mudah asalkan tau caranya dan berani mencoba. Agar pembudidaya ikan bisa membudidaya dengan hemat pakan dan perkembangan ikan pun menjadi lebih cepat.

Simak juga Cara Memelihara Ikan Nila Supaya Cepat Besar Di Kolam

Apa sih yang dinamakan Hewan infusoria? Seperti yang sudah kami paparkan diatas yaitu hewan yang umumnya hidup di air tawar dan termasuk golongan kelas protozoa. Kelas infusoria berada pada kelas ciliate seperti makhluk hidup balandtidium, colpada, didinium dan paramecium.

Baiklah, tadi sekilas pengenalan kepada kita akan makhluk hidup renik infusoria, lanjut pembahasan cara budidaya atau mengkultur infusoria untuk pakan burayak ikan air tawar atau ikan hias air laut dengan mudah dan detail dari kami situs Budidaya Ikan Hias sebagai berikut.

Berdasarkan pengalaman, budidaya ikan air tawar atau budidaya ikan air laut sehingga kita bisa sukses  dalam budidaya ikan hias adalah ketika sukses merawat burayak  ikan sehinggga burayak berumur 1 bulan, ketika kita bisa melewati masa-masa itu dan burayak mampu bertahan hingga 75 % maka berarti perawatan burayak ikan Hias sukses. Pasalnya apabila burayak ikan sebelum berumur 1 bulan rentan pada kematian.

Pembudidaya ikan hias merasa nyaman apabila burayak ikan hidup 75% setelah berumur 1 bulan seperti burayak ikan koki, ikan koi dan lain sebagainya. Dan untuk menunjang kehidupan burayak ikan bisa memberikan pakan yang berkualitas, pembudidaya ikan bisa menjadikan Infusoria sebagai salah satu alternatife supaya kehidupan ikan lebih terjaga.

Nah, untuk bisa sukses merawat burayak ikan air tawar  yang kita ternak, salah satunya dengan ketersediaan pakan yang melimpah, selain itu juga pakan yang tersedia juga yang kaya akan gizi dan zat seperti halnya Infusoria. Sebenarnya pakan untuk burayak tidak hanya infusoria, pembudidaya bisa memberikan alternative lain seperti artemia, kutu air dan yang akan kita bahas kali ini adalah ifusoria.

Baiklah guys, langsung saja kita bahasa Cara Budidaya Infusoria yang merupakan makanan alami bagi burayak ikan atau larva ikan, karena memiliki ukuran yang pas dengan mulut burayak serta pergerakan yang menggoda nafsu burayak. Selain itu infusoria mengandung gizi yang menjadikan pertumbuhan burayak ikan semakin cepat.

Cara Budidaya Infusoria untuk pakan Burayak Ikan

Sebelum kita masuk pada langkah-langkah yang harus dijalani pada budidaya infusoria, terlebih dahulu kita mempersiapkan media yang akan dijadikan sebagai bahan untuk budidaya infusoria yaitu sayur-sayuran seperti sayur kol, sayur kubis, sayur ketela, sayur bayam dan lain sebagainya.

Langkah budidaya infusoria sebagai berikut.

1. Siapkan Wadah Untuk Budidaya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan wadah untuk budidaya atau mengkultur, wadah ini disesuaikan dengan kebutuhan infusoria yang akan dipanen. Apabila kebutuhan pembudidaya ikan berkebutuhan kecil bisa menggunakan media ember kecil, dan apabila kebutuhannya besar bisa membuat kolam sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Siapkan Air

Setelah menyediakan wadah untuk budidaya infusoria, Pembudidaya harus menyiapkan air yang sudah di endapkan dan dicampur dengan air akuarium yang sudah diganti. Kemudian masukkan air tersebut ke tempat yang sudah disediakan untuk budidaya infusoria. Oleh karena itu ketika anda mengganti air akuarium , air tersebut jangan dibuang karena sangat bermanfaat untuk budidaya infusoria.

3. Siapkan Bahan-Bahan

Setelah menyiapkan air , langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan-bahan yang anda inginkan, seperti kola tau kubis, daun ketela,daun bayam dan lain sebagainya yang berbau sayuran. Mengenai ukuran dan banyaknya kol yang dimasukkan sesuai dengan kebutuhan anda untuk Budidaya Infusoria.

4. Rebus Bahan-Bahan

Langkah selanjutnya ketika semua bahan sudah disiapkan adalah merebus bahan-bahan tersebut, contoh : rebus kol atau kubis hingga kelewat matang atau sudah hancur. Kemudian diamkan hingga dingin, setelah itu tiriskan kewadah yang sudah di siapkan. Kemudian aduklah hingga merata.

5. Tutup dengan Kain

Langkah selanjutnya setelah mengaduk bahan-bahan hingga merata, tutuplah dengan kain agar tidak dijadikan sebagai tempat untuk hinggapan nyamuk untuk bertelur dan agar sirkulasi udara lancar. Tutuplah dengan kain dan biarkan dalam kurun waktu kurang lebih 4 sampai 5 hari.

6. Panen Infusoria

Langkah yang terakhir adalah panen infusoria, panen infusoria bisa dilakukan ketika sudah berumur 6 hari atau seminggu, sehingga infusoria bisa dijadikan pakan burayak ikan air tawar yang anda budidaya. Cara memanen dan memberikannya kepada burayak ikan bisa mengambil beserta airnya. Kemudian tuangkan kewadah atau kolam ikan anda secukupnya. Anda bisa memberikan infusoria secara efektif adalah 6-8 kali sehari agar pertumbuhan burayak ikan semakin cepat.

Simak juga Cara Budidaya Ikan Koki Terbaru 2016

Agar lebih efektif, budidaya Infusoria baiknya bisa menambahkan aerator untuk membantu sirkulasi udara agar tingkat keberhasilannya jauh lebih tinggi. Mengenai budidaya infusoria menggunakan daun bayam dan daun ketela cara dan langkahnya sama persis dengan menggunakan media kola tau kubis.

Hasil panen infusoria dari Budidaya Infusoria bisa memiliki banyak fungsi, apabila pembudidaya infusoria memiliki burayak ikan bisa dipakai sendiri, dan apabila tidak menternak ikan hias bisa menjualnya karena banyak orang yang butuh dengan infusoria untuk membantu pertumbuhan burayak ikan Hias Air Tawar.

Bagaimana cara Membudidaya Infusoria diatas, ternyata tidak sesulit dengan apa yang kita bayangkan bukan? Budidaya Infusoria sangat mudah apabila mengetahui cara ataupun langkah-langkah yang harus dilakukan. Sekarang dengan mengetahui cara budidaya infusoria untuk pakan Burayak Ikan Hias air tawar, anda bisa membuatnya atau mengkultur infusoria sendiri tanpa harus membelinya.

Baiklah, sobat pecinta ikan hias, baru saja anda baca tutorial Cara Budidaya Infusoria pakan Burayak Ikan hias secara efektif, mudah, dan jelas. Itu saja yang bisa kami sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf karena tulisan admin terlalu panjang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktekkan agar ilmu ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih atas partisipasinya salam pecinta Ikan Hias.
Tag : Budidaya, Pakan
0 Komentar untuk "Cara Budidaya Infusoria Pakan Burayak Ikan"

Back To Top