Cara Budidaya Ikan Arwana Terlengkap 2017

Budidayaikanhias.com – Budidaya Ikan Arwana budidaya ikan Hias merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan yang melimpah, namun untuk belajar budidaya ikan hias tidak semudah seperti membalikkan kedua tangan. Termasuk mem Budidaya Ikan Arwana, Ikan mahal ini memiliki banyak resiko kerugian dan jika berhasil maka akan memanjakan pembudidaya dengan uang yang melimpah.

Budidaya Ikan Arwana, siapa yang tidak kenal dengan Ikan Arwana yang menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar dengan sifat predator, namun tetap memiliki estetika keindahan dan terlihat anggun. Banyak jenis ikan arwana dari Indonesia hingga brazil, setiap Negara memiliki keunikannya masing-masih, entah itu berada pada warna maupun bentuk tubuh ikan Arwana.

Budidaya Ikan Arwana

Ikan Arwana merupakan jenis ikan kelas atas, dibanderol dengan harga yang sangat mahal, Ikan ini memiliki nama lain yaitu Ikan Baramundi yang menjadi ikan favorit orang luar negeri terutama ikan arwana jenis super red yang berasal dari Sungai Kapuas di Kalimantan. Ikan Hias Arwana perawatan dan budidaya ikan arwana tergolong mudah asalkan sesuai dengan tutorial dan cara yang benar, dan kali ini Kami situs Budidaya Ikan Hias akan mereview Cara Budidaya Ikan Arwana.


Simak Juga Cara Memelihara Ikan Nila Supaya Cepat Besar Di Kolam

Karena kepopuleran dan mahalnya harga ikan Arwana Super Red, banyak orang yang mencoba untuk menjadikan budidaya Ikan Arwana sebagai ladang bisnis sumber penghasilan utama. Dimulai dari pemasaran ikan arwana hingga banyak orang yang mencoba membudidayakan Ikan Arwana Super red dengan harapan mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Budidaya Ikan Arwana Super Red memiliki banyak variasi warna, dimulai dari Ikan Arwana Super red Blood Red ( Warna merahnya seperti merah darah), Ikan Arwana Super Red Chili Red ( Warna Ikan arwana, merah seperti cabai), Ikan Arwana Super Red Orange Red ( Warna merah ikan arwana warna merah orange), Ikan Arwana Super Red Golden Red( warna merah ke emasan), dari semua jenis mampu memikat para kolektor ikan arwana sebagai penyaluran hoby.

Selanjunya, Berbicara tentang ladang bisnis dengan memasarkan Ikan Cantik Arwana Super Red berbagai jenis yang berasal dari Kalimantan ini, anda perlu berfikir dua kali untuk mencobanya. Memang jika dilihat dari hasil atau keuntungan yang didapatkan jika berhasil akan melimpah dan menjanjikan. Dan keuntungan besar tersebut, perlu adanya modal yang besar juga. Untuk para pemula, sebaiknya belajar untuk budidaya Ikan Arwana Super Red terlebih dahulu.

Sebagai gambaran untuk memulai bisnis Ikan Arwana Super red, Untuk  mencoba memulai Usaha menjual Ikan Arwana Super Red, sedikitnya anda harus memiliki modal sekurang-kurangnya 100 juta rupiah. Bagi yang memiliki  banyak dolar, sangat mudah untuk mengeluarkan uang segitu, tapi kalau sedikit dolar maka perlu untuk menabung terlebih dahulu.

Adapun 100 juta rupiah tersebut Dengan rincian sebagai berikut:

  • 10 Akuarium beserta aksesoris pendukungnya senilai 40 juta Rupiah
  • 10 ekor Arwana untuk 10 ekor Ikan Arwana Super Red

Saya tekankan lagi, untuk memulai usaha menjual ikan Arwana super red perlu berfikir dua kali, kenapa demikian? Karena dengan modal yang begitu besar, juga jika berhasil anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar pula.

Akhir-akhir ini sudah banyak orang ingin membudidayakan ikan Arwana Super red dengan berbagai usaha, salah satunya dengan mencari ilmu dan informasi mengenai cara Budidaya Ikan Arwana Super Red, salah satunya melalui internet karena di internet sudah banyak orang yang menulis tutorial dan cara untuk membudidaya Ikan Arwana Super Red.

Dari informasi mulai Budidaya Ikan Arwana Super Red di Akuarium, Budidaya Ikan Arwana di Kolam terpal, di kolam semen, diladang sawahh ataupun yang lainnya. Dengan harapan semoga mendapatkan keuntungan yang melimpah melalui budidaya ikan Hias Arwana Super Red.

Jika melihat dari keuntungan membudidaya Ikan Arwana Sangatlah menggiurkan, apalagi jika sudah berhasil dan berjalan maka omset yang akan didapatkan luar biasa besarnya. Seperti yang sudah kami katakana diatas, budidaya ikan Arwana tidak semudah orang membalikkan telapak tangan. Seperti ikan cupang saja yang kelihatannya mudah, tapi ternyata prakteknya sulit. Apalagi ikan Arwan Super Red yang memerlukan perawatan dan perlakuan yang lebih khusus.

Apakah anda siap mendapatkan keuntungan yang melimpah dengan membudidaya ikan Arwana Super Red? Baiklah, berikut ini cara Budidaya Ikan Arwana Sebagai berikut:

1. Perhatikan Tempat Ikan Arwana

Dalam Budidaya Ikan Arwana yang harus diperhatikan pertama kali adalah tempat Ikan Arwana, entah kolam maupun akuarium yang digunakan terserah. Karena untuk budidaya ikan Arwana bisa dilakukan di dua tempat tersebut, akan tetapi ketika anda membudidaya Ikan Arwana dalam jumlah yang banyak maka gunakanlah kolam ladang yang luas.  Yang paling di sukai oleh ikan Arwana yaitu tempat kolam berbatu, namun juga harus menyediakan tanah yang luas.

Selanjutnya, Karakter Kolam dan akuarium harus berisi Air yang jernih, selain itu juga harus menggunakan air yang mengalir ditambah lagi dengan menambahkan filter pada akuarium dan kolam. Kemudian untu Ph air usahakan menjaga kadar Ph yang standard yaitu 6 atau 7. Dan untuk temperature usahakan bersuhu 26 hingga 30 derajat celcius. Jangan lupa kasih penerangan dan janga sampai terletak dibawah sinar matahari langsung.
Budidaya Ikan Arwana

Mengenai jumlah akuarium dan kolam yang disediakan sesuai dengan popularitas ikan Arwana, dan setidaknya anda harus memiliki 4 hingga 5 kolam ikan arwana untuk budidaya , karena jangan sampai ikan arwana yang besar atau dewasa ditempatkan dalam satu akuarium. Dan jika anda membudidaya ikan arwana menggunakan akuarium harus  memiliki peralatan yang lengkap seperti pengatur suhu, filter, pengalir air , gelembung serta cahaya.

Dan apabila anda menggunakan media kolam, maka harus memastikan untuk menggunakan kolam yang besar, pasalnya dengan kolam yang besar akan menampung beberapa induk arwana. Biasanya kolam yang digunakan untuk membudidayakan ikan arwana butuh lahan seluas 20m X 5m bahkan lebih. Untuk pemilihan induk bisa menggunakan akuarium, dan ketika sudah siap pemijahan pindahkan kedalam kolam.

Simak Juga 35 Model Akuarium Ikan Hias terbaru 2016

2. Pilih Jenis Ikan Arwana

Untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah, anda perlu memperhatikan dan memilih jenis ikan Arwana yang bernilai tinggi. Jenis ikan Arwana sangat banyak, seperti yang kami jelaskan diawal paragraph tadi. Untuk ikan arwana super red dibanderol dengan harga yang mahal  bisa mencapai puluhan juta, dan apabila anda belum mendapatkan modal yang besar bisa membudidaya ikan arwana yang jenis Arwana Silver dimana harganya tidak terlalu mahal.

3. Pilih Induk Yang berkualitas

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menyiapkan indukan yang terbaik, indukan yang baik bagi arwana ketika ikan sudah berumur 4 tahun lebih. Ketika sudah menemukan, usahakan untuk memisahkan ikan arwana indukan dengan ikan lain, pasalnya harus memberikan pelayanan yang khusus, kasih makanan khusus yaitu udang.

Untuk membedakan ikan arwana jantan dan ikan arwana betina bisa dilihat dari tubuh dan kepala arwana, apabila tubuh dan kepala agak kecil berarti ikan arwana betina, dan jika tubuh dan kepala agak besar maka menunjukkan ikan arwana jantan.

4. Proses Perkembang Biakan

Pada proses perkembangan, sebeluum memisahkan ikan arwana indukan,  anda harus paham betul mana ikan arwana yang sudah mendapatkan pasangan. Tidak terlalu sulit untuk menemukan pasangan ikan hias arwana, karena biasanya ikan arwana akan cepat menemukan pasangan ketika didalam akuarium terdapat ikan yang berlawan jenis.

Pasangan ikan arwana biasanya berenang berdampingan, kedua ikan tersebut akan berenang memutar-mutar, dengan kepala dan ekor saling menempel. Dan ketika anda mendapatkan atau melihat pasangan ikan seperti itu, maka anda harus sesegera mungkin memindahkan kedalam kolam atau akuarium tersendiri yang sudah disediakan

Biasanya budidaya ikan dalam proses perkembangbiakan ikan Arwana terdapat bebatuan, jika menggunakan media akuarium maka buatlah demikian. Ketika ikan arwana telah mengeluarkan telur, kemudian ikan arwana akan memakan telur yang sudah dikeluarkan. Tapi sebenarnya itu bukan memakan telur, tapi telur tersebut dibuahi oleh pejantang dan selang 8 minggu akan dikeluarkan ketika sudah menjadi larva.

5. Proses Pembesaran Benih

Kemudian setelah membesarkan benih yang sudah dikeluarkan, anda harus menunggu ikan berukuran 12cm, untuk ikan yang masih berukuran 1cm bisa memberikan pakan cacing pita. Dan ketika sudah berukuran 12cm anda harus memisahkan anakan ikan tersebut. Karena ikan tersebut predator, tidak perduli itu anaknya atau bukan. Ntar jika  anaknya dimakan, maka kerugian didepan mata.

6. Bentuk Ikan Arwana Anda

Kenapa harus dibentuk, karena ikan Arwana akan mendapatkan ikan arwana yang berwarna cerah dan alami, anda harus merawatnya dengan seksama. Ketika sudah berukuran 25 hingga 40cm anda harus memisahkan, karena ikan arwana berukuran 25 cm berkarakter agresif yang sangat disukai pecinta arwana.

Untuk mendapatkan ikan Arwana yang baik dan alami, anda harus menjemur ikan arwana di saat pagi hari pasalnya sinar matahari pagi hari bisa membentuk warna ikan arwana menjadi alami sehingga nilai jual akan melambung tinggi.

Simak Juga Budidaya Ikan Cupang Terbaru 2016

7. Panen dan Keuntungan Didepan Mata

Setelah melangkah dari step by step, kini akhirnya masuk pada langkah yang terakhir yaitu panen.  Ikan arwana yang paling dicari adalah ikan yang eksotis dan memiliki warna yang indah, diharapkan anda selalu benar-benar menjaga warna dan kondisi ikan arwana. Kemudian anda bisa mencari supliyer untuk memasarkan ikan Arwana dan al hasil tabungan anda akan gemuk seketika.

Itulah Cara Budidaya Ikan Arwana secara detail, agar keuntungan yang melimpah bisa anda dapatkan, pastinya dengan modal yang besar agar keuntungan yang didapatkan menjadi lebih besar.
2 Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Arwana Terlengkap 2017"

ada pelatihannya ngga, untuk budidaya ikan hias khususnya arwana?

Saat ini belom ada gan! Maaf, hanya menyediakan informasi saja

Back To Top