Budidaya Ikan Cupang Termahal 2017 - Omset Puluhan Juta Rupiah

Budidayaikanhias.com- Budidaya Ikan Cupang merupakan ikan hias aduan yang memiliki cirri khas bentuk dan memiliki ragam warna yang unik, sebenarnya ikan ini tidak hanya digunakan untuk aduan, pasalnya ikan cupang memiliki beberapa jenis antara lain ikan cupang hias, ikan cupang aduan,ikan cupang liar dan tidak di budidaya peternak ikan hias.

Ikan hias cupang tergolong jenis ikan hias yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan memiliki sifat agresif dan kuat, salah satu buktinya yaitu percobaan sesame jenis ikan jantan diletakkan pada wadah kecil berisikan air, maka yang terjadi adalah saling mempertahankan diri dan menyerang lawan demi mempertahankan hidupnya. ikan cupang klasifikasi yang lebih rendah akan kami paparkan berikut ini dengan jelas dan gamblang beserta morfologinya seperti betta imbelis dan betta smaragdina.
Budidaya Ikan Cupang
Budidaya Ikan Cupang


Berbagai jenis ikan cupang sesuai karakteristiknya, banyak orang yang menggemari ikan hias cupang sebagai koleksi dan hiasan dengan tujuan aduan atau hanya sekedar iseng. Dan umumnya jika memiliki ikan hias cupang digunakan untuk aduan. Selain dari bentuk ikan yang indah dan sifatnya yang agresif ternyata ikan cupang ini memiliki sisi prospek bisnis yang cukup menjanjikan dikalangan pembisnis ikan cupang.

Pemijahan ikan cupang menghasilkan ratusan hingga ribuan benih ikan cupang, sangat banyak dan jika semuanya hidup akan menjadikan pemiliknya mendapatkan keuntungan yang melimpah, bayangkan saja semisal pemijahan ikan cupang jenis crown tail yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 1.500, sedangkan anakan pemijahan ikan menghasilkan 500 ekor. Untuk keuntungannya dikalikan saja 1.500 x 500 = Rp. 750.000,-. Ada Juga Ikan Cupang Termahal Di Dunia yaitu mencapai 20 Juta Rupiah per ekor, uh pasti menguntungkan sekali bukan? itu harga untuk anak sd, sedangkan untuk harga termahalnya bisa lihat www. ikan cupang termahal. com
Budidaya Ikan Cupang
Budidaya Ikan Cupang


Rp. 750.000 lumayan untuk tambahan uang saku, dan itu pun hanya untuk 1 indukan saja, bayangkan saja jika anda memiliki indukan 10 pasang, tinggal mengalikan tuh!, mungkin banyak orang yang mengira bahwasanya budidaya ikan hias cupang merupakan pekerjaan yang sulit, susah, dan mahal prosesnya. Oleh karena itu disini kami situs  Budidaya Ikan Hias akan memberikan cara budidaya ikan cupang secara efektif berikut ini.
CARA BUDIDAYA IKAN HIAS CUPANG

Pemijahan Ikan Cupang


1. Pilihlah Indukan Cupang Yang Berkualitas

Proses pertama untuk budidaya ikan cupang adalah proses pemijahan, pemijahan ikan cupang nantinya memerlukan beberapa step yang penting. Pertama harus menyiapkan indukan yang berkualitas, indukan jantan dan betina berkualitas dan siap kawin biasanya minimal berumur 3-4 bulan.

Baca juga Jenis Ikan Cupang Hias dan Aduan Foto Terbaru

Sedangkan ciri ciri indukan ikan cupang adalah ikan cupang jantan sudah mengeluarkan gelembung-gelembung, sedangkan betina memiliki cirri bercak putih berada tepat pada kelaminnya. Selain mengetahui perbedaan jantan dan betina, pilihlah indukan yang sehat, dan memiliki warna yang bagus dan cerah sehingga nantinya keturunan akan menjadi lebih baik.

Indukan jantan dan betina berkualitas sebaiknya sudah berummur antara 6 hingga 12 bulan, dengan umur yang matang akan menghasilkan ikan berkualitas baik dan sehat.  Sedangkan karakteristik badan ikan yang edeal adalah memiliki bentuk badan ikan cupang antara kepala hingga pangkal ekor besarnya badan ikan cupang hampir sama, meskipun nantinya ekor akan lebih mengecil.

Sebenarnya ikan cupang itu ada beberapa frase perawatannya, untuk umur ikan cupang berusia 1 hingga 4 minggu dikatakan sebagai burayak ikan yang diberi makan dengan kutu air atau infusoria, dan saat ikan sudah berumur (satu ) 1-2 bulan sudah mulai tampak seperti ikan cupang sesungguhnya. pada usia 3 bulan sudah siap untuk dipasarkan dan sudah enak di pandang. Pada usia 4 bulan hingga 6 bulan sudah bisa dipijahkan atau dikawinkan antara ikan cupang jantan dan ikan cupang betina.

Selain itu indukan ikan cupang yang dipilih tidak terdapat luka maupun cacat berada di badan, mata, sirip, ekor atau bagian tubuh lainnya, karena cacat bersifat genetic nantinya akan membawa pengaruh terhadap anakannya. Sirip dan ekor ikan cupang harusnya tidak ada yang rusak maupn patah, yang disarankan adalah memiliki ekor dan sirip yang mekar sempurna.

Baca juga Inilah Jenis Ikan Cupang Terbesar Di Dunia Yang Bikin Penasaran

Salah satu contoh indukan ikan cupang yang tidak ideal yaitu ikan cupang jenis serit yang memiliki ekor sedikit keriting, keriting tersebut biasanya perawatan sebelumnya air di kolam Ikan hunian ikan tidak terjaga kebersihannya, ekor tidak rata. Jadi ikan yang demikian sebaiknya jangan dijadikan indukan ikan hias cupang karena nantinya akan menjadikan anakan ikan hias kurang berkualitas.

Setelah membahas kualitas tubuh ikan cupang, kini beralih pada bagian warna indukan ikan cupang terbaik,  untuk mendapatkan indukan ikan cupang terbaik adalah warna solid, jadi tidak ada warna lain ditubuh ikan meskipun hanya sedikit dan kecil sekali. Tapi warna kombinasi tidak jelek, dan untuk warna solit lah yang biasa digunakan untuk kontes ikan cupang.  Selain warna juga ikan cupang memiliki gerak yang licah, terlihat segar, sehat. Cirinya yaitu ikan sehat biasanya berenang pada pertengahan wadah, tidak terlalu atas atau terlalu bawah.

Didalam kolam berukuran 1,5 x 1,5 M biasanya terdapat ikan cupang hanya 10% berkualitas sempurna, sedangkan yang lainnya tidak terlalu jelek. Jadi harusnya pastikan indukan ikan cupang berkualitas bagus. Dan nantinya anda akan puas jika anakan ikan cupang berkualitas bagus, akhirnya nanti ikan anda akan memiliki nilai jual yang tinggi.

2. Proses Pemijahan Ikan Cupang

Setelah mengetahui jenis indukan ikan cupang berkualitas kini saatnya melangkah untuk memijahkan ikan cupang, dengan menaruh indukan terpilih kedalah wadah untuk pemijahan selama 42 jam atau 2 hari. 24 jam awal ikan cupang jantan akan membuat gelembung untuk telur, dan dihari kedua proses perkawinan berlangsung dihari itu, indukan jantan akan menaruh telur ikan cupang di gelembung yang telah dibuat.

Setelah perkawinan selesai, pisahkan ikan betina dengan jantan. Untuk ikan cupang betina angkat sedangkan ikan cupang jantan biarkan berada pada kolam bersama telur-telurnya. Kemudian simpanlah wadah tersebut di tempat gelap dan jangan dipindah-pindah, karena jika telur yang berada pada gelembung itu pecah nantinya akan membusuk. Biarkan hingga 10 hari, setelah menetas silahkan pisahkan keduanya ditempat yang lebih besar, lakukan dengan hati-hati.

Simak Juga Begini Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang Jantan dan betina

Pada saat proses menunggu penetasan telur, ikan cupang jantan tidak perlu dikasih makan. Setelah anakan ikan cupang dipindah maka perlu memberikan pakan, untuk pakan anakan ikan cupang berumur 1 minggu bisa dengan air kol (hasil rendaman sayur kol) karena rendaman sayur kol mengandung bakteri, plankton atau bisa menggunakan jentik nyamuk yang disaring.

Tunggu hingga 3 minggu, karena biasanya setelah anakan ikan cupang berumur 3 minggu akan mulai terlihat warna ikannya dan sudah siap dipasarkan dengan harga jual yang relative,  pemijahan ikan hias cupang cukup mudah bukan? Setelah tau cara budidaya ikan hias Cupang pastinya akan membawa pengaruh baik bagi anda pecinta ikan hias cupang.

Simak juga Ternak Ikan Kuping Gajah atau Big Ear ! Omset Puluhan Juta

Setelah proses pemijahan ikan cupang selesai, sekarang masuk pada pemasaran ikan cupang pada pasaran ikan murah, memang ikan cupang termasuk kategori ikan hias yang dibanderol dengan harga yang murah. Rata-rata peminat ikan cupang adalah anak-anak, jadi tempat pasaran yang baik adalah tempat yang terdapat banyak anak-anak, dengan target pemasaran yang tepat akan menjadikan proses penjualan ikan cupang semakin cepat. Mau lihat video budidaya ikan cupang? Langsung saja silahkan download video budidaya ikan cupang hias di youtube. di channel budidaya ikan hias


Baiklah guys, tertarik untuk budidaya ikan cupang? Kalau ada banyak peluang dan keuntungan kenapa tidak dijalankan? Itu saja yang bisa disampaikan, kami situs Pusat ikan Hias Budidayaikanhias.com mengucapkan banyak terimakasih.
0 Komentar untuk "Budidaya Ikan Cupang Termahal 2017 - Omset Puluhan Juta Rupiah"

Back To Top